Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP: Pengesahan Grup D Paspampres Bentuk Ketakutan SBY

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 Maret 2014, 21:31 WIB
PDIP: Pengesahan Grup D Paspampres Bentuk Ketakutan SBY
sby/net
rmol news logo . PDI Perjuangan menilai pembentukan Grup D Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) merupakan bentuk ketakutan Presiden SBY menjelang akhir masa jabatannya.

"Ada kekhawatiran mendalam dari SBY. Kalau tiba-tiba dibentuk grup baru, berarti ada kekhawatiran khusus untuk melindungi kepentingan keluarga presiden," ujar Wasekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat dihubungi, Senin (3/3).

Karena secara otomatis, kata Hasto, SBY akan menggunakan Grup D Paspampres setelah presiden pengganti SBY terpilih Oktober 2014.

"Makanya ini tidak perlu, ini berlebihan," tegasnya.

Pagi tadi Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, memimpin upacara pengesahan Grup D Paspampres di Lapangan Hitam Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pengesahan ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Panglima TNI No 37/2013 tentang Pengesahan Validasi Organisasi dan Tugas Paspampres yang merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah No 59/2013 yang dikeluarkan Presiden SBY.

Untuk diketahui selama ini, tugas Grup A Paspampres yang berkekuatan empat detasemen yakni melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap presiden RI dan keluarganya. Tugas Grup B, berkekuatan empat detasemen, melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap wakil presiden RI dan keluarganya.

Tugas Grup C, berkekuatan dua detasemen melaksanakan pengamanan fisik jarak dekat terhadap tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan. Sedangkan tugas grup yang baru, yakni Grup D, adalah mengawal mantan presiden dan wakil presiden beserta keluarga dalam kurun waktu tertentu atau sesuai dengan kebutuhan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA