Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mimpi Jokowi Wujudkan Poros Maritim Berat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 04 Juli 2014, 23:07 WIB
Mimpi Jokowi Wujudkan Poros Maritim Berat
ilustrasi/net
rmol news logo Mimpi capres Joko Widodo mewujudkan Indonesia menjadi negara poros maritim sulit diwujudkan. Sebab, Indonesia sesungguhnya bukan negara maritim tapi negara kepulauan atau kelautan.

Demikian dikatakan akademisi kelautan Prof. Alex Retraubun dalam diskusi bertajuk 'Posisi Indonesia Sebagai Poros Maritim' yang digelar Archipelago State Foundation di hotel Pullman, Jakarta, Jumat (4/7).

Alex mengatakan kalau frekuensi penyebutan kata maritim yang disampaikan Jokowi pada debat capres membuatnya penasaran. Kesan pertama yang muncul dibenaknya ketika mendengar Jokowi menyebut akan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim sebagai pemikiran besar.

Sebab tahun 1989, pimpinan APEC ujarnya membahas persoalan masa depan asia pasific dikaitkan dengan maritim. Artinya, Jokowi ujar Alex memahami kalau persoalan maritim punya prospek untuk diwujudkan di Indonesia, dan Jokowi mengantisipasinya.

"Sebagai akademisi saya harus  bisa membedah mimpinya dan apa justifikasinya," jelasnya.

Namun apakah rakyat mendukung mimpi Jokowi itu? Menurut Alex  rakyat akan mendukungnya karena mereka memahami kalau Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Apalagi, Indonesia sebagai negara kepulauan sangat disegani oleh negara-negara di dunia, termasuk  sebagai pejuang hak-hak negara maritim seperti yang dilakukan oleh Hasjim Djalal.

"Jadi, untuk mewujudkan mimpi Jokowi menjadi Indonesia sebagai poros maritim asal didukung elemen rakyat. Sebab akan terjadi perlawanan terhadap mimpi Jokowi itu terutama dari kekuatan-kekuatan darat yang selama ini mengumandangkan Indonesia sebagai negeri agraris," demikian Alex. [why]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA