Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lemhanas Siap Susun Naskah Akademik RUU Wawasan Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Selasa, 17 Februari 2015, 21:38 WIB
Lemhanas Siap Susun Naskah Akademik RUU Wawasan Nusantara
foto:net
rmol news logo . Komite II DPD RI terus memperjuangkan RUU tentang Wawasan Nusantara sebagai RUU prioritas Prolegnas 2015.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI Gede Pasek Suardika beserta senator yang tergabung dalam tim Panitia Kerja RUU Kawasan Nusantara mengadakan pertemuan dengan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Budi Susilo Soepandji di Kantor Lemhanas, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta (17/2).

Pasek mengatakan di antaranya 13 RUU usul inisiatif dalam list Prolegnas Prioritas 2015 DPD, RUU Wawasan Nusantara termasuk RUU prioritas yang sangat penting keberadaannya demi integritas bangsa. Dijelaskannya, dalam hal ini Lehanas dianggap sebagai lembaga strategis dalam menyusun naskah akademik, sehingga DPD RI mengupayakan Lemhanas mampu berdiri sebagai lembaga pengawas kebijakan di Indonesia.

Gede mengaggap RUU Wawasan Nusantara sangat penting dalam kehidupan berbangsa karena tidak sekadar cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis, tapi juga berdasarkan ideologi nasionalnya yang harus dapat diimplementasikan dalam satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Sehingga wawasan nusantara terjawantahkan ke dalam dan ke luar.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Utama Lemhanas RI Suhardi Alius menyambut baik kerjasama Komite II DPD tersebut dan akan menyiapkan tim untuk menyusun naskah akademik disertai dengan penjadwalan rapat-rapat koordinasi serta konsultasi.

Anggota Komite II DPD RI yang turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain; Anang Prihantoro (Senator Lampung); Emma Yohana (Senator Sumatera Barat); Denty Eka Widi Pratiwi (Senator Jawa Tengah); Baiq Dyah Ratu Ganefi (Senator NTB); Syafrudin Atasoge (Senator NTT); serta Rubaeti Erlita (Senator Kalimantan Barat). Mereka mengharapkan RUU Wawasan Nusantara bisa menjadi payung hukum dalam mensinergiskan kedaulatan bangsa dalam khazanah keragaman sebagai bagian dari perjuangan menyatukan bangsa dalam visi yang sama dengan kerangka wawasan nusantra. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA