Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Yuddy: Humas Harus Berpikir Rasional Dan Melek IT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 08 Juni 2016, 11:15 WIB
rmol news logo Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi hari ini (Rabu, 8/6) mengumpulkan jajaran humas kementerian dan lembaga yang tergabung dalam Bakohumas.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Yuddy menyampaikan perihal reformasi sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan kehumasan.
Yuddy yang juga politisi dari partai Hanura meminta humas pemerintah untuk meningkatkan kualitas diri dan membangun kerangka berpikir yang bisa diterima oleh masyarakat.

"Humas pemerintah harus membangun logika pikir dan memiliki alasan-alasan rasional yang dapat diterima oleh masyarakat," kata Yuddy di Jakarta.

Ia juga meminta humas pemerintah untuk berubah dan mentransformasi diri. Humas harus memiliki kemauan untuk belajar, banyak membaca, dan terus memperbaiki diri. Ini lantaran tugas berat humas yakni harus mampu meyakinkan masyarakat bahwa setiap keputusan yang diambil oleh pemerintah adalah benar.

Yuddy juga meminta agar humas mengikuti perkembangan zaman dan melek Informasi dan Teknologi (IT). Di negara seperti Dubai, beber dia, sirkulasi informasi sudah menggunakan mobile phone, sehingga kecepatan komunikasi dengan pemerintah semakin cepat dan dinamis.

"Beberapa tahun ke depan pemerintah akan melakukan pemerintahan berbasis elektronik. Untuk itu Humas harus mutlak akrab dengan IT, cepat beradaptasi dalam menerima cepatnya perubahan IT," jelas Yuddy.

Ia mengeluhkan, selama ini lebih banyak orang-orang pintar dan hebat lebih memilih bekerja di sektor swasta dibanding bekerja dengan pemerintah. Lantaran itu, harus ada perubahan "wajah" di pemerintah yakni meningkatkan kualitas serta SDM yang mumpuni.

"Kalau humas pemerintah mampu membentuk kehumasan pemerintah yang menarik, diharapkan SDM dari luar juga tertarik bergabung dengan pemerintah," tandas Yuddy.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA