Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PSU Tolikara Ditunda Sampai Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 16 Mei 2017, 21:02 WIB
PSU Tolikara Ditunda Sampai Besok
Net
rmol news logo Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Tolikara, Papua terpaksa ditunda, akibat keterlambatan pencairan anggaran.

"Awalnya akan dilaksanakan pada Selasa 16 Mei 2017 namun ditunda menjadi hari Rabu 17 Mei 2017. Sesuai Surat Keputusan KPU Provinsi Papua Nomor 33 Tanggal 16 Mei 2017," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta (Selasa, 16/5).

Dia menjelaskan, keputusan penundaan PSU di Tolikara juga telah disetujui pada rapat koordinasi dengan Bawaslu Provinsi Papua serta seluruh pihak dari pasangan calon kepala daerah. Keputusan itu kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Panitia Penyelenggara Distrik (PPD).

"Serta meminta kepada aparat keamanan dan tim sukses masing-masing pasangan calon untuk membantu dalam proses sosialisasi," kata Ilham.

Dia menambahkan, persoalan anggaran untuk PSU Tolikara sejatinya sudah selesai, setelah pemerintah daerah mencairkan anggaran pada Senin kemarin (15/5). Menurut Ilham, hal itu juga yang membuat pelaksanaan PSU harus ditunda sehari dari jadwal yang ditentukan semula.

"Jadi pemberitahuan kepada pemilih juga langsung dilakukan. Termasuk memberikan formulir C6 baru kepada mereka," imbuhnya.   

Tolikara sendiri menjadi satu dari enam daerah yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi untuk menggelar PSU. Setelah ditemukan adanya pelanggaran di 18 distrik pada proses pemungutan suara serentak 15 Februari lalu. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA