Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat Tinggi Samoa Terpesona Dengan Perayaan Kemerdekaan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 19 Agustus 2017, 09:59 WIB
Pejabat Tinggi Samoa Terpesona Dengan Perayaan Kemerdekaan Indonesia
Hon Tupai-Presiden Jokowi/Net
rmol news logo . Sebagai tindak lanjut kunjungan Delegasi Indonesia ke Samoa, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa, Hon. Afamasaga Lepuiai Rico Tupai dan rombongan melakukan kunjungan ke Jakarta untuk menghadiri Perayaan HUT RI ke-72 di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2017.

Hon. Tupai berkesempatan mengucapkan selamat HUT RI ke-72 langsung kepada Presiden RI Joko Widodo.

Sebagai rangkaian kegiatan delegasi Samoa dari tanggal 16 sampai 20 Agustus 2017, Hon. Tupai juga melakukan pertemuan dengan berbagai pejabat Pemerintah Indonesia, di antaranya Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman M. Fachir, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, pengelola Jakarta Smart City dari Pemprov DKI, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, pengusaha Chairul Tanjung, dan beberapa pengusaha Small and Medium Enterprises (SMEs), terutama penghasil keripik cassava dan umbi-umbian.

Kunjungan delegasi Samoa kali ini ternyata telah membuat Hon. Tupai terpikat dan terpesona terhadap perayaan kemerdekaan dan pembangunan Jakarta.

Kunjungan ini sangat bermakna bagi Indonesia karena Samoa kerap menunjukkan sikap yang mendukung dan menghargai kedaulatan negara Indonesia. Hubungan bilateral Indonesia dengan Samoa juga cukup erat. Pada tanggal 9 Agustus 2017, Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa, Hon. Leuatea Polataivao Fossie Schmidt Laauli bertemu dengan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan menghasilkan inisiatif kerjasama bidang pertanian meliputi suplai beras dari lahan pertanian di Indonesia Timur maupun pelatihan peningkatan kapasitas petani dan petugas pertanian.

Di samping kerjasama pertanian, kerjasama teknik Indonesia-Samoa juga meliputi bidang inkubator UKM, ecotourism, penanggulangan bencana, workshop on dispute settlement mechanism on investment, dan Bandung Spirit Program.

Samoa merupakan negara pertama di Pasifik yang mendapat kemerdekaan dari Selandia Baru (1 Januari 1962). Sumber pemasukan terbesar perekonomian Samoa adalah bantuan luar negeri di mana Selandia Baru merupakan salah satu donor. Guna meningkatkan pembangunan ekonomi, pemerintah Samoa mencanangkan Strategy for Development of Samoa 2016-2020 yang fokus pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif serta ICT.

Pada tahun 2017-2018, Samoa akan memegang keketuaan Pasific Islands Forum (PIF) dan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara di wilayah Pasifik di Apia pada tanggal 4-8 September 2017. Hubungan baik dengan Samoa perlu tetap dipelihara karena pengaruhnya yang perlu diperhitungkan terhadap negara-negara di Pasifik. PIF sendiri merupakan forum kawasan terbesar di Pasifik yang  beranggotakan 18 negara anggota. Indonesia sendiri sudah diterima menjadi mitra wicara PIF sejak tahun 2001.

Pada tahun 2021, Samoa akan menjadi hub bagi ICT connectivity untuk negara-negara Pasifik Selatan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA