Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Novanto Membuat Publik Makin Tidak Percaya Pada Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 04 Oktober 2017, 22:23 WIB
Kasus Novanto Membuat Publik Makin Tidak Percaya Pada Parpol
Novanto/net
rmol news logo Rapat Tim Kajian Elektabilitas Dewan Pimpinan Pusat Golkar memutuskan untuk meminta Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto agar lengser dari jabatannya. Keputusan itu diambil lantaran turunnya tingkat keterpilihan atau elektabilitas Beringin yang diduga akibat dugaan keterlibatan Novanto dalam kasus korupsi proyek e-KTP.

Direktur PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai hal tersebut tentu akan berdampak kepada persoalan kepercayaan publik terhadap Golkar.

"Tingkat kepercayaan publik pada Golkar yang semakin rendah dan terhadap posisi Novanto yang makin eragukan," katanya di Kantor Para Syndicate, Jakarta, Rabu (4/10)

Dia menambahkan, Novanto akan menambah panjang catatan politisi kontroversial yang masih bersikeras untuk mempertahankan jabatan walaupun sudah berkali-kali tersandung kasus hukum.

"Tokoh yang kontroversial kemudian tetap bisa untuk memimpin, itu akan membuat ketidakpercayan publik terhadap institusi politik makin tinggi," tuturnya.

Kasus Novanto, kata dia akan membuat kepercayaan publik semakin rendah terhadap parpol. Hal itu terbukti dari beberapa hasil lembaga survei internal dan ekternal Golkar.

"Gejolak muncul di Golkar, survey internal mereka juga turun karena pengaruh Novanto. Kepercayaan publik yang menurut dan Novanto menjadi persoalan serius untuk citra Golkar," demikian Ari.[san]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA