Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Interpelasi Anies-Sandi Aspirasi Rakyat DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 03 Februari 2018, 19:49 WIB
Interpelasi Anies-Sandi Aspirasi Rakyat DKI
Sahroni/Net
rmol news logo . Hak interpelasi yang sejauh ini didukung Fraksi PDIP dan Nasdem di DPRD DKI Jakarta untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno merupakan aspirasi dari rakyat Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sebagian elemen masyarakat Jakarta termasuk para wakilnya di DPRD Provinsi DKI Jakarta pun ikut bersikap atas kebijakan Anies-Sandi. Dalam hal ini, fraksi PDIP demikian geregetan untuk menggunakan haknya (interpelasi)," kata politisi Nasdem Ahmad Sahroni kepada wartawan, Sabtu (3/2).

Sahroni membeberkan langkah hak interpelasi muncul usai DPRD fraksi PDIP mengadakan konferensi pers tentang 100 hari kepemimpinan Anies-Sandi. Dalam konferensi pers tersebut, DPRD fraksi PDIP melayangkan beberapa kritik atas kebijakan yang sudah dikeluarkan Anies Baswedandan Sandiaga Salahudin Uno yang dianggap menabrak Perda.

"Kita pahami lebih jauh, bahwa harapan sikap politik (menggunakan hak interpelasi) semata-mata panggilan fungsional sebagai wakil rakyat DKI Jakarta untuk ikut serta membenahi Jakarta lebih baik dan tertata. Yang perlu digaris-bawahi, interpelasi adalah hak konstitusional seorang wakil rakyat yang berada di parlemen," kata anggota Komisi III DPR RI ini.

Atas dasar itu, Pemerintah DKI Jakarta kata Sahroni tak perlu kebakaran jenggot dengan hak interpelasi tersebut. Sahroni menekankan pertanyaan wakil rakyat yang menjalankan fungsinya sebagai pengawas lewat hak interpelasi wajib hukumnya untuk dijawab. Namun, jika masih terdapat jawaban yang relatif tidak memuaskan, maka wakil rakyat pun berhak mencecar dengan tetap dalam koridor konstitusi.

"Kini, yang dinanti publik adalah apakah contain uji kebijakan itu murni kepentingan publik, dan mengarah pada kebijakan yang lebih baik? Pada akhirnya, publik akan tahu ke mana arah politik interpelasi yang dikonstruksikan dan yang akan diusung oleh wakil rakyat tersebut. Interpelasi mengarah pada perbaikan kebijakan Pemerintahan DKI Jakarta yang lebih baik dan tidak melanggar aturan," demikian Sahroni. [dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA