Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fraksi PKS Minta Poyek Infrastruktur Pemerintah Diaudit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 20 Februari 2018, 15:46 WIB
Fraksi PKS Minta Poyek Infrastruktur Pemerintah Diaudit
Foto/Net
rmol news logo Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini prihatin dengan kecelakaan beruntun pada proyek infrastruktur Pemerintah. Bahkan dalam tiga bulan terakhir, beberapa diantaranya mengakibatkan korban jiwa. Terakhir kecelakaan kembali terjadi yakni ambruknya tiang proyek Tol Becakayu, Selasa (20/2) dini hari.

Jazuli berharap Pemerintah melakukan audit menyeluruh terhadap kelayakan dan kualitas terhadap seluruh proyek infrastruktur yang kini sedang dikerjakan agar tidak lagi membahayakan dan menimbulkan korban masyarakat.

"Jangan sampai karena alasan kejar target mengabaikan keselamatan kerja dan kualitas infrastruktur yang dibangun. Ini akan berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap kualitas, keselamatan dan keamanan infrastruktur pemerintah," ujar Jazuli dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2).

Menurut Jazuli, audit menyeluruh ini penting karena menyangkut keselamatan bukan saja para pekerja proyektapi juga seluruh warga yang melintasi atau menggunakan fasilitas infrastruktur itu nantinya. Untuk itu, lanjut Jazuli, Fraksi PKS akan meminta keterangan dan pertanggungjawaban pemerintah.

"Secara khusus saya perintahkan Anggota Fraksi di Komisi V untuk melakukan pengawasan intensif dengan meminta penjelasan/klarifikasi kementerian terkait tentang maraknya kecelakaan ini. Tidak menutup kemungkinan dilanjutkan dengan penggunaan hak-hak DPR seperti interpelasi atau angket untuk mendalami hal tersebut," katanya.

Tujuan dari pengawasan ini, menurut Anggota DPR Dapil Banten ini, tentu saja untuk mencegah supaya proyek infrastruktur dilaksanakan secara tertib berkualitas dan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan, baik untuk pekerja maupun masyarakat pada umumnya yang nantinya akan menjadi user atau pengguna dari proyek-proyek tersebut.

"Kita semua berharap agar pembangunan infrastruktur dilakukan secara cermat dan berkualitas serta tidak semata-mata mengejar target. Apalagi dikerjakan asal-asalan, ceroboh, atau bahkan mengandung maladministrasi dan korupsi. Kita semua berkepentingan untuk menghadirkan infrastruktur yang nyaman, aman, dan terjamin keselamatannya bagi seluruh rakyat," pungkas Jazuli. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA