Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bamsoet Pastikan Utut Dilantik Besok Siang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 19 Maret 2018, 20:06 WIB
Bamsoet Pastikan Utut Dilantik Besok Siang
Utut Adianto/net
rmol news logo Pelantikan Wakil Ketua DPR RI asal Fraksi Partai PDI Perjuangan akan dilakukan dalam rapat paripurna DPR besok (Selasa, 20/3).

Sekaligus, dalam rapat paripurna esok DPR melantik 12 anggota baru yang menjalani pergantian anggota antar waktu (PAW).

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menjelaskan, pagi besok akan berlangsung rapat pimpinan DPR yang dilanjutkan rapat konsultasi pengganti Bamus guna membahas pelantikan Wakil Ketua DPR baru dan pergantian anggota DPR antar waktu.

"Siang harinya kita adakan rapat paripurna untuk melantik Wakil Ketua DPR yang baru dan PAW anggota," tutur politikus Golkar itu dalam siaran persnya, Senin (19/3).

Diterangkannya bahwa surat penunjukan Wakil Ketua DPR dari PDI Perjuangan sudah diterima pimpinan DPR. Surat tersebut ditandatangani Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, yang berisi penunjukan atas Utut Adianto.

Kursi yang akan diduduki mantan Grandmaster Catur itu adalah jatah untuk PDIP sebagai partai pemenang pemilu. Hal ini sesuai amanat UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Jatah kursi pimpinan buat PDIP juga berlaku di jajaran pimpinan MPR RI.

"PDI Perjuangan mengirim kader terbaiknya, Utut Adianto, sebagai Wakil Ketua DPR yang baru. Penambahan kursi unsur pimpinan MPR dan DPR itu diberikan kepada PDIP selaku partai memenang Pemilu 2014," terang Bamsoet.

Bagi Bamsoet, masuknya kader PDIP dalam jajaran pimpinan DPR akan membuat konfigurasi politik di parlemen semakin lengkap dan kuat. Tetapi, soal bidang apa yang akan dipegang Utut selaku pimpinan baru akan dibahas oleh pimpinan dewan setelah pelantikan.

"Kami berharap PDIP, Golkar dan partai pendukung pemerintah lainnya bisa menjaga suasana kondusif di tahun politik ini. Sehingga pemerintah bisa fokus melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik demi kepentingan masyarakat," kata Bamsoet.  

Soal pelantikan 12 anggota DPR yang menjalani pergantian antar waktu, terdiri dari tujuh anggota berasal dari Fraksi PKB, dua anggota dari Fraksi Nasdem, satu anggota dari Fraksi PKS, satu anggota dari Fraksi Hanura, dan satu anggota dari Fraksi PAN. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA