Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Pengamat Kicauan Novanto Akan Jadi Angin Lalu, Sama Seperti Nazar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 23 Maret 2018, 00:43 WIB
Kata Pengamat Kicauan Novanto Akan Jadi Angin Lalu, Sama Seperti Nazar
Pangi Syarwi Chaniago/Net
rmol news logo Disebutnya nama Puan Maharani dan Pramono Anung dalam kasus korupsi KTP-El oleh Setya Novanto menjadi petir di siang bolong bagi PDIP. Pasalnya keduanya adalah petinggi partai yang kini menjabat menteri kabinet.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Volpox Center Pangi Syarwi Chaniago menilai diungkapnya kedua nama kader PDIP memberi pengaruh pada partai. Apalagi beberapa bulan ke depan akan ada agenda politik besar, Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

"Tentu ada pengaruhnya buat elektabilitas PDIP. Secara Puan adalah putri mahkota dari Bu Mega," ungkap Pangi di gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/3).

Pengaruh lain dari munculnya dua nama itu, adalah proses hukum yang akan berjalan. Publik juga akan mempertanyakan kelanjutan kicauan tersebut kepada KPK.

Namun demikian, Pangi menilai kicauan Novanto akan berujung seperti kicauan Nazaruddin dalam kasus Hambalang. Kala itu Nazar aktif berkicau mengenai keterlibatan petinggi partai Demokrat dalam kasus korupsi proyek Hambalang. Sejauh ini KPK juga tidak memproses kicauan Nazar tersebut.

"Kalau dulu ada kicauan Nazaruddin sekarang kicauan Setnov. Entah data primer atau data apa yang dipakai oleh Setnov. Dahulu Nazar juga menyebut nama petinggi Partai Demokrat bahkan termasuk Ibas putra SBY. Kini giliran Setnov yang menyebut putri King Maker rezim Jokowi, Puan Maharani yang kini menjabat sebagai Menko PMK," ujarnya. [nes] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA