Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penipuan Travel Umrah Marak Terjadi, PKS Minta Menteri Lukman Tanggung Jawab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/soraya-novika-1'>SORAYA NOVIKA</a>
LAPORAN: SORAYA NOVIKA
  • Rabu, 04 April 2018, 22:08 WIB
Penipuan Travel Umrah Marak Terjadi, PKS Minta Menteri Lukman Tanggung Jawab
Jazuli Juwaini/RMOL
rmol news logo Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini menilai Kementerian Agama (Kemenag) wajib bertanggung jawab terkait kasus penipuan travel haji dan umrah First Travel.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurutnya, kasus tersebut bagian dari kewenangan Kemenag. Ia juga meminta Menag Lukman Hakim Saifuddin tidak mengelak tanggung jawab.

"Kemenag harus bertanggung jawab dengan apa yang terjadi dari penipuan travel haji dan umroh ini, jadi tidak bisa mengelak," ujar Jazuli Juwani di ruang fraksi PKS, Gedung DPR, Jakarta Pusat, Rabu (4/4).

Selain itu, meminta pertanggungjawaban, Jazuli juga menyarankan agar dilakukan evaluasi terhadap Kemenag. Evaluasi wajib dilakukan agar Kemenag tidak melulu balik badan.

"Wajiblah dievaluasi (Kemenag), bukan berarti kemenag boleh cuci tangan, izin travel itu adanya di Kemenag, dimana peran kontrolnya, sampai dimana kontrol itu dilakukan, perangkat kontrolnya itu sudah dibuat atau belum?" cecarnya.

Terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Travel Gate, Jazuli sepakat. Ia saran agar Pansus berjalan dengan efektif, Komisi III DPR sebagai inisiasi Pansus bisa bekerjasama dengan Komisi VIII DPR yang bermitra kerja dengan Kemenag.

"Komisi VIII DPR dan Komisi III DPR harus bekerjasama, karena ini bukan sekedar menyangkut ranah hukum," demikian Jazuli. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA