Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pancasila Menjadi Kriteria Dasar Calon Pemimpin Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 27 April 2018, 08:11 WIB
Pancasila Menjadi Kriteria Dasar Calon Pemimpin Nasional
Ilustrasi/Net
rmol news logo Calon presiden mendatang diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Bidang Politik Pengurus Pusat Sapma Pemuda Pancasila (PP) Indra Triputra menjelaskan, dengan nilai Pancasila, calon presiden yang akan dipilih nantinya bisa mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Menurutnya, melihat dinamika politik saat ini, besar kemungkinan terjadi pertarungan jilid kedua antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Sehingga yang menarik adalah kriteria cawapres seperti apa yang mampu menjadi kunci kemenangan dari keduanya.

Oleh karenanya, calon pendamping diharapkan memenuhi kriteria dan cakap beragama. Sebab sangat dibutuhkan pemimpin yang mampu menerapkan nilai nilai ketuhanan dalam setiap kebijakan publiknya

"Kemudian sebaiknya dari kalangan anak muda karena sebaiknya para negarawan bergotong royong mewujudkan keadilan peradaban dengan memunculkan tokoh tokoh baru demi regenerasi kepemimpinan nasional," ujar Indra kepada wartawan, Jumat (27/4).

Selajutnya harus memiliki rasa persaudaraan. Hal itu diperlukan untuk menjawab segala tantangan utama bangsa Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar dengan berbagai suku dan agama didalamnya

"Calon pimpinan bangsa sepatutnya juga berpengalaman dalam mengelola pemerintahan," kata Indra.

Dia menambahkan, dibutuhkan pemimpin yang benar-benar mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat, tidak terperdaya dengan pencitraan palsu tanpa prestasi.

"Dan sebaiknya ada perwakilan dari Indonesia bagian timur agar dapat semakin menciptakan keadilan sosial. Karena sampai saat ini ketimpangan pembangunan masih sangat dirasakan di wilayah tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," demikian Indra. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA