Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kadin: Libur Panjang Bawa Banyak Keuntungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 08 Mei 2018, 13:34 WIB
rmol news logo Cuti bersama lebaran selama 10 hari dapat membawa banyak keuntungan bagi semua pihak, utamanya bagi masyarakat dan pelaku usaha.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Yugi Prayanto menanggapi putusan pemerintah yang dibacakan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani kemarin.

Dalam putusan itu, pemerintah menerima usulan cuti bersama lebaran mulai tanggal 11 hingga 20 Juni dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yakni Menteri Agama Lukman Saifuddin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Asman Abnur, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri

Kata Yugi, selain memiliki lebih banyak waktu untuk bersilaturahmi bersama keluarga, libur panjang juga membuat masyarakat leluasa mengatur rencana liburan.

Dampaknya, lokasi wisata akan selalu ramai saat libur panjang tersebut.

"Pasti semua lokasi wisata akan dipadati orang di saat libur panjang nanti," kata Yugi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/5).

Selain objek wisata yang akan meraup keuntungan, bisnis penginapan, kuliner, ekonomi kreatif, hingga agen perjalanan juga diprediksi akan banjir orderan.

"Karena melihat libur yang sangat panjang tersebut, masyarakat sudah merencanakan waktu liburan bersama keluarga jauh-jauh hari," ujarnya.

Tidak hanya itu, dampak ini juga menjalar ke masyarakat. Sebab, sektor wisata tidak bisa sendiri tanpa dukungan masyarakat yang menyiapkan kuliner dan cinderamata.

"Karena sektor pariwisata ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari pelaku usaha lainnya baik kuliner, kerajinan, dan sebagainya," tukasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA