Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sungai Citarum, Ciliwung Dan Cisadane Tercemar Bakteri Pseudumonas Aeruginosa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 11 Mei 2018, 21:34 WIB
rmol news logo . Sekitar bulan November tahun 2017 tim kesehatan Kodam Siliwangi melakukan penelitian terhadap sungai Citarum, Ciliwung dan Cisadane. Hasilnya sungai-sungai tercemar bakteri Pseudumonas Aeruginosa.

Begitu yang dikatakan oleh Sekretaris Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo kepada wartawan di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (11/5).

"Dari hasil penelitian seluruh sungai termasuk situ Cisanti (muara sungai Citarum) sudah mengandung berbagai macam logam berat termasuk bakteri. Dan yang sangat mengkhawatirkan adalah bakteri, disamping bakteri Ecoli, ada bakteri Pseudumonas Aeruginosa," kata Doni.

Timbulnya bakteri ini, sambung Doni diakibatkan oleh limbah medis. Pada saat penelitian di lapangan, tim menemukan sejumlah sampah medis seperti kantung darah orang terkena HIV Aids hingga potongan tubuh manusia bekas operasi.

"Jadi ini bukan hanya di Citarum tetapi ditemukan disungai Ciliwung dan sungai Cisadane," kata Doni.

Sementara, sambung mantan Danjen Kopassus itu, bakteri Pseudumonas Aeruginosa cukup berbahaya jika terpapar ke dalam tubuh manusia, pasalnya bakteri tersebut resisten terhadap antibiotik.

"Berdasarkan hasil diskusi dengan medicus group dia resisten dengan antibiotik, jadi gak mempan dia," kata Doni.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA