Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakaf Produktif Bisa Lahirkan Enterpreneur Handal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 26 Mei 2018, 04:27 WIB
Wakaf Produktif Bisa Lahirkan Enterpreneur Handal
Foto: Net
rmol news logo Kaum intelektual muda diharapkan bisa mengelola wakaf secara produktif sehingga mampu menghasilkan banyak dampak positif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu imbau Ketua Badan Wakaf Indonesia BWI Mohammad Nuh saat peluncuran “Wakaf Goes to Campus” di kampus Universitas Indonesia (UI), Salemba, Jakarta, pada Kamis (25/5).

“Kita harapkan mereka bisa mengelola wakaf secara produktif sehingga wakaf bisa memiliki empat dampak sekaligus,” katanya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Dampak yang dimaksud M. Nuh itu adalah wakaf bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab pengelolaan wakaf secara produktif dan profesional, harta wakaf akan menghasilkan keuntungan.

Keuntungan tersebut, kemudian bisa disalurkan kepada masyarakat melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

"Selain itu, wakaf produktif juga akan melahirkan banyak enterpreneur karena penghimpunan dan pengelolaan wakaf produktif mau tidak mau harus dilakukan dengan cara-cara kreatif,” ujarnya.

Mantan Mendiknas itu juga menilai pengelolaan secara produktif bisa menghasilkan wakaf yang melahirkan banyak pebisnis andal. Sebab wakaf produktif tidak akan berhasil tanpa dikelola dengan manajemen bisnis yang profesional sebagaimana bisnis-bisnis komersial.

Terpenting, sambungnya, wakaf dan semua pegiat wakaf berkontribusi positif bagi pembangunan nasional.

“Itu konsep dasar kita dan kita sosialisasikan melalui Wakaf Goes to Campus,” tukasnya..

Wakaf Goes to Campus sendiri secara resmi dibuka Rektor UI Muhammad Anis di kampus UI Salemba. Kegiatan perdana dilaksanakan di UI bekerja sama dengan selama dua hari, 24 hingga 25 Mei 2018.

 Kegiatan ini meliputi Wakaf Expo yang dihadiri bank-bank lembaga keuangan syariah penerima wakaf uang dan para nazhir yang terdaftar pada BWI. Juga ada seminar wakaf produktif bertema “Membangun startup Berbasis Wakaf” dan bedah buku Fenomena Wakaf di Indonesia: Tantangan Menuju Wakaf Produktif. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA