Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli Apresiasi Keberpihakan Menteri Amran Kepada Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 01 Juni 2018, 02:51 WIB
Rizal Ramli Apresiasi Keberpihakan Menteri Amran Kepada Petani
Rizal Ramli-Amran Sulaiman/Net
rmol news logo . Kebijakan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman meningkatkan kesejahteraan petani mendapat apresiasi dari ekonom senior Dr Rizal Ramli.

"Saya sangat apresiasi keberpihakan Pak Amran terhadap nasib petani diseluruh Indonesia. Termasuk kebijakannya yang diambil all out untuk meningkatkan kedaulatan pangan," ujar RR biasa dia disapa kepada wartawan di Jakarta, Kamis (31/5).

Tidak hanya itu, kebijakan Amran dalam menentang kebijakan impor sejumlah bahan pangan menurut RR sudah tepat. Selama ini para importir pemegang kuota impor sengaja menciptakan kelangkaan bahan pangan tertentu di dalam negeri. Tujuannya tidak lain adalah agar keran impor kembali dibuka demi keuntungan pribadi.

"Walaupun terlalu banyak kepentingan terutama bagi pemegang kuota impor yang dengan sengaja menciptakan kelangkaan buatan. Ciri-cirinya sepertinya kebutuhannya tidak benar-benar butuh impor tapi bulog tidak melakukan operasi pasar yang cukup, harga naik jadi justifikasi untuk impor," katanya.

RR juga mengungkapkan trik lain yang biasa digunakan oleh para pemegang kuota importir ini. Diantaranya dengan memanfaatkan musim panen. Bawang putih contohnya, importir sengaja memasukkan seluruh bawang impor tersebut pada saat hasil panen melimpah ruah. Akibatnya tak hanya menurunkan nilai jual tapi juga menurunkan semangat petani untuk kembali menanam bawang di tahun berikutnya.

"Kedua, timing import diupayakan selalu saat panen sehingga terjadi perpetual dependend atau ketegantungam yang terus menerus karena kalau misalnya impor bawang dilakukan saat panen bawang maka petani bawang tahun depan mengurangi produksinya karena tidak menguntungkan. Makin lama impornya makin banyak tahun depan. Ini kejam sekali karena merugikan petani tapi sekaligus membuat Indonesia kaya lehernya dijerat sama ketergantungan impor," jelas dia.

Selain mengapresiasi, RR mengaku menaruh harapan yang tinggi kepada Amran dalam memajukan pertanian Indonesia. Sumber daya alam dan cuaca yang baik menurutnya jadi keunggulan Indonesia menjadi raksasa gudang pangan dunia.

"Saya menaruh harapan banyak kepada Menteri Pertanian karena beliau ingin membenahi ini semua. Indonesia harusnya pertaniannya maju karena matahari sepanjang tahun, hujan banyak, kita harusnya bisa jadi gudang pangan untuk Asia. Tapi karena permainan mafia ini kita jadi tergantung impor," pungkas Menko Perekomian era Presiden Gus Dur itu. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA