Farah.ID
Farah.ID

UKM Kerohanian UI Rayakan Hari Lahir Pancasila Dengan Video Kebangsaan Pancasila

LAPORAN: ADE MULYANA
  • Jumat, 01 Juni 2018, 20:38 WIB
UKM Kerohanian UI Rayakan Hari Lahir Pancasila Dengan Video Kebangsaan Pancasila
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Universitas Indonesia (UI) punya cara berbeda dalam mengekspresikan perayaan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Kolaborasi untuk negeri di Hari Lahir Pancasila digagas UKM Kerohanian UI setelah sebelumnya menggelar doa bersama untuk negeri sebagai respon tragedi terorisme yang terjadi akhir-akhir ini.

Terciptalah satu bentuk video kebangsaan yang berisi tentang kampanye keharusan setiap anak bangsa mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Video berdurasi sekitar satu menit tersebut menayangkan perwakilan dari setiap UKM Kerohanian, yaitu Salam UI, KMHD UI, KMK UI, PO UI dan KMB UI.

Secara bergantian, mereka memberikan testimoni tentang makna Pancasila yang mengutip ragam pandangan tokoh bangsa.

"Mohammad Hatta mengatakan, Pancasila dengan sila Ketuhanan yang Maha Esa, menjadi dasar bagi tindakan keadilan, kebaikan dan kejujuran untuk menjaga persatuan Indonesia," ujar M. Ismail, perwakilan dan Salam UI dalam testimoninya di video kebangsan Pancasila.

"Kita harus mengamalkan Pancasila, tidak hanya mengatakan tetapi mencari jalan yang konkret, Letjen TB  Simatupang," ucap perwakilan dari Persekutuan Oikumene UI.

Di akhir video, secara bersama-sama seluruh perwakilan UKM Kerohanian UI mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila, semangat menjaga persatuan bangsa.

Kegiatan kolaborasi lintas agama yang telah dilakukan oleh UKM Kerohanian se-UI berharap menjadi inspirasi persatuan bagi bangsa Indonesia, di tengah ujian retaknya kerukunan antar umat beragama yang terjadi akhir-akhir ini, khususnya pengeboman rumah ibadah dan sebagainya.[dem]
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA