Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Negara Timur Tengah Jadi Target Penempatan PRT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 05 Juni 2018, 04:47 WIB
Tiga Negara Timur Tengah Jadi Target Penempatan PRT
Foto: Net
rmol news logo Tiga negara di Timur Tengah menjadi incaran pemerintah dalam menempatkan tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor pekerja rumah tangga (PRT) tahun ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Soes Hindharno menjabarkan bahwa ketiga negara yang dimaksud itu adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Qatar.

“Pemerintah tiga negara ini sudah berkali-kali meminta secara resmi kepada pemerintah Indonesia agar PRT kita bisa ditempatkan di sana,” kata Soes dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (5/6).

Kebijakan ini tidak mengharuskan pencabutan keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmen) 260/2015 tentang Penghentian Pengiriman TKI PRT ke-19 negara di Timteng. Sebab, penempatan di tiga negara ini akan dilandasi peraturan baru yang sedang dirumuskan.

Selain karena permintaan negara yang bersangkutan, penempatan PRT ini juga didasarkan alasan ketiga negara tersebut memiliki peraturan perundang-undangan yang melindungi tenaga kerja asing.

“Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 31 UU 18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI),” kata dia.

Nantinya, sambung Soes, PRT akan disiapkan oleh pemerintah daerah melalui pendidikan di balai latihan kerja. Sehingga, PRT yang dikirim memiliki kualitas mumpuni dan siap untuk dipekerjakan. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA