Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Dorong Kejagung Buat Tim Penyidik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 06 Juni 2018, 18:39 WIB
Komnas HAM Dorong Kejagung Buat Tim Penyidik
Ahmad Taufan Damanik/RMOL
rmol news logo Penyelesaiqn kasus Hak Asasi Manusia (HAM) di masa lalu menunggu perintah Presiden Joko Widodo.

Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM, Ahmad Taufan Damanik, menjelaskan pihaknya sudah bertemu dengan Menko Polhukam Wiranto dan Jaksa Agung M. Prasetyo untuk membahas penyelesaian kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

Menurutnya dalam pertemuan tersebut pemerintah mulai menyisir satu persatu kasus yang akan diteruskan ke pengadilan.

"Ada pencerahan mana saja kasus yang akan diteruskan dalam yudisial, namun belum sampai pada tingkat teknis," kata Taufan saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/6)

Lebih lanjut Taufan menilai, pemerintahaan Jokowi sudah mau membuka diri untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM di masa lalu. Hal ini dibuktikan dengan pertemuan Jokowi dengan kelompok "Aksi Kamisan" yang mewakili keluarga korban pelanggaran HAM.

Menurutnya langkah tersebut harus dikawal masyarakat agar tidak berhenti di tengah jalan dan mendorong Kejaksaan untuk memulai penyelidikan.

Ia memaparkan ada sembilan berkas yang sudah diberikan ke Kejaksaan, mulai dari peristiwa 1965, penembakan misterius Talang Sari, Semanggi I dan II, serta kasus di Aceh dan Papua.  

"Sebaiknya Jaksa Agung segera membentuk tim penyidik dan menentukan nasib dari berkas itu, daripada membangun suatu wacana," ujar Taufan.  [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA