Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Merasa Terancam, Rancang Pertemuan Puan-Prabowo Matikan Langkah Demokrat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Juni 2018, 17:06 WIB
Jokowi Merasa Terancam, Rancang Pertemuan Puan-Prabowo Matikan Langkah Demokrat
Foto: Net
rmol news logo Rencana pertemuan Ketua DPP PDIP nonaktif, Puan Maharani dan Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto memunculkan banyak spekulasi. Kalangan pengamat hingga politisi tanah air juga angkat bicara terkait rencana pertemuan tersebut.

Bagi Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, ada pesan lain dalam pertemuan Puan dan Prabowo.

Spekulasi tentang Puan yang ingin merayu Prabowo menjadi Cawapres petahana Joko Widodo dirasa terlalu sederhana oleh Pangi.

"Saya pikir bukan membahas merayu Prabowo jadi Cawapres Jokowi, melainkan bagaimana Pak Prabowo bertugas mematikan langkah politik Demokrat yang sedang mengintervensi dan menginisiasi terbentuknya embrio poros ketiga," jelas Pangi dalam perbincangan dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/6).

Demokrat memang tengah menyusun strategi membuat poros ketiga yang rencananya akan diberi nama Koalisi Kerakyatan.

Sang Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono katanya tengah menawarkan konsep kepada parpol lain agar bisa ikut bergabung dalam koalisi yang bakal mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2019 mendatang.

Belum jelas, putra sulung SBY itu akan dipasang sebagai capres atau cawapres. Yang pasti tokoh muda yang pernah terjun sebagai Cagub DKI itu yang "dijual" apabila Koalisi Kerakyatan ini terbentuk.

Kembali ke Pangi. PDIP, menurut dia, sudah membaca pola-pola SBY ini. Jokowi juga sudah ambil ancang-ancang karena mulai merasa terancam.

"Karena terus terang pak Jokowi enggak suka, sebab bisa jadi ancaman apabila 50 persen plus 1 dalam teori demokrasi enggak tercapai. Sekarang poros ketiga berpotensi mengancam pak Jokowi," jelasnya.

"Oleh karena itu boleh jadi Puan minta bagaimana Prabowo tetap maju sebagai capres head to head dengan Jokowi, namun segera closing atau mengakuisisi PKS, PAN dan PKB, sehingga Partai Demokrat mengalami patahan di tengah jalan membentuk poros ketiga," demikian Pangi. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA