Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkal Serangan Hacker, Akses Website KPU Sengaja Dibuka Tutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 30 Juni 2018, 11:45 WIB
rmol news logo Portal Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sulit diakses pasca pemungutan suara Pilkada Serantak 2018 ternyata memang sengaja dilakukan.

KPU sengaja melakukan buka tutup portal infopemilu.kpu.go.id untuk menghindari serangan peretas atau hacker.

“Jadi kalau mengakses website kita kadang bisa dan ngga bisa dibuka. Itu sebetulnya cara kami untuk menangkal serangan,” jelas Ketua KPU Arief Budiman dalam Diskusi Polemik bertajuk ‘Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres’ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6).

Diakui Arief, serangan kepada website KPU yang berisi hasil penghitungan resmi KPU datang tiap menit. Dia pun berharap masyarakat bisa memahami bahwa buka tutup portal KPU itu semata untuk menangkal serangan peretas dan bukan untuk merekayasa hasil real count.

“Bukan karena kami tidak transparan, tapi ini strategi yang juga disampaikan para ahli IT kami untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Kantor Berita Politik RMOL, laman penghitungan hasil pilkada sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sumatera Utara di portal KPU tidak bisa diakses sejak Sabtu (30/6) pagi.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA