Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi: Lompatan Ekspor Peternakan Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 06 Juli 2018, 18:13 WIB
Presiden Jokowi: Lompatan Ekspor Peternakan Luar Biasa
Jokowi-Amran-Pramono/RMOL
rmol news logo . Presiden Joko Widodo mengapresiasi capaian ekspor produk hasil pertanian dan terbaru peternakan. Menurutnya lompata ekspor seperti komoditas pertanian harus jadi contoh.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), capaian ekspor sektor peternakan di Indonesia cukup fantastis. Di tahun 2017, terjadi peningkatan sebesar 14,85 persen dibandingkan tahun 2016. Nilai ekspor 623,9 juta dolar AS atau setara dengan Rp 8,5 triliun diharapkan mampu bertambah secara signifikan baik dari nilai maupun volume ekspor.

"Capaian ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian untuk mewujudkan Indonesia pada tahun 2045 menjadi lumbung pangan di dunia," ujar Jokowi dalam acara Indo Livestock 2018 Expo & Forum, di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat (6/7).

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meningkatkan ekspor sejumlah komoditi peternakan.

Tahun 2017 kontribusi volume ekspor sub sektor peternakan terbesar pada kelompok hasil ternak sebesar 64,07 persen, dengan negara tujuan ekspor terbanyak adalah Hongkong (23,10 persen) dan China (21,96 persen). Saat ini produk peternakan Indonesia sudah mampu menembus lebih dari 110 negara.

"Saya mengapresiasi juga ekspor domba kita yang meningkat 1.000 persen tahun ini. Kemarin kita baru mengekspor 2.400 ekor domba dari Surabaya ke Malaysia," ungkap Jokowi.

"Kinerja seperti ini yang harus dicontoh. Lompatan ekspor peternakan kita luar biasa," lanjut kepala negara.

Sebagai informasi, pada kunjungan ini Jokowi di dampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA