Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Strategi Kepala Bappenas Kembangkan IPTEK Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 09 Juli 2018, 12:22 WIB
rmol news logo Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu menjadi penggerak daya saing bangsa.

Atas alasan itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mendorong agar Indonesia bergerak maju dalam bidang IPTEK. Dia bahkan berharap Indonesia bisa menjadi salah satu pengembangan IPTEK di kawasan Asia dan dunia, terutama di bidang keteknikan.

Bambang menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran ini bisa tercapai jika strategi yang disusun juga tepat. Strategi yang harus dilakukan, sambungnya, adalah dimulai dari mengadopsi penerapan IPTEK. Selanjutnya, melakukan peningkatan kemampuan dan kemandirian IPTEK.

“Ketiga, pengembangan teknologi berbasis maritim. Keempat, pengembangan dana inovasi. Kelima, pelembagaan model triple helix yang dapat dikembangkan menjadi N-helix, dan keenam, pengembangan IPTEK berbasis budaya,” ujarnya dalam Sidang Terbuka Institut Teknologi Bandung (ITB) bertajuk ‘Peringatan 98 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia’ beberapa waktu lalu, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (9/7).

Bambang mengatakan bahwa komitmen tiga pihak diperlukan dalam pengembangan model triple helix, yakni pemerintah, industri, perguruan tinggi atau lembaga IPTEK.

Dia menjabarkan, hasil dari penelitian ini dapat diaplikasikan oleh industri dan dikembangkan menjadi produk komersial untuk kepentingan pasar dan bisnis. Sementaraperguruan tinggi atau lembaga IPTEK dituntut untuk lebih reponsif terhadap kebutuhan industri, dengan merujuk pada kebijakan pemerintah.

“Kebijakan pemerintah yang diperlukan, antara lain, pemberian insentif bagi universitas dan industri, termasuk insentif perpajakan dalam bentuk double tax deduction, untuk meningkatkan kerjasama dalam kegiatan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru,” sambungnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA