Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Rasakan Ketimpangan Ekonomi Di Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 11 Juli 2018, 02:46 WIB
PDIP Rasakan Ketimpangan Ekonomi Di Masyarakat
Foto/Net
rmol news logo Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Darmadi Durianto mendesak pemerintah harus fokus dalam meningkatkan sektor kewirausahaan di negeri ini untuk menekan angka kemiskinan.

Sebab menurut dia, ketimpangan ekonomi masyarakat sungguh sangat terasa. Kesenjangan ekonomi alias ginie ratio yang lebar antara warga yang kaya dengan yang miskin bahkan masih menjadi isu krusial.

"Untuk menurunkan ginie ratio, salah satunya melalui kewirausahaan. Sehingga indeks kewirausahaan ditingkatkan menjadi 5 persen harus menjadi prioritas,' kata Darmadi saat membuka pelatihan 'Technopreneur Bagi Gerakan Koperasi' di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (10/7).

Meski demikian, anak buah Megawati Soekarnoputri ini tak menafikan upaya pemerintah dalam memperkecil angka kesenjangan ekonomi masyarakat. Buktinya, pemerintah terus mengadakan berbagai program usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bertujuan memberdayakan masyarakat agar mandiri dan berdikari seperti yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sekalipun anggaran kementerian yang dipimpin oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga itu terbilang sangat kecil. Makanya, pihaknya juga ingin berkontribusi dalam upaya pemerintah menurunkan angka kemiskinan oleh pemerintah itu dengan menaikkan anggaran Kemenkop UKM.

"Kami dari Komisi VI DPR-RI juga sedang memperjuangkan melalui RUU Kewirausahaan agar bisa menaikkelaskan pelaku UMKM dari yang mayoritas mikro ditingkatkan menjadi kecil," tegas Bendahara Umum Megawati Institute ini.

Peningkatan usaha mikro menjadi usaha kecil ditegaskannya sangatlah penting. Pasalnya, usaha mikro saat ini jumlahnya masih sangat banyak jika dibandingkan dengan usaha kecil. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA