Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RR: Aneh Draf BLBI Kok Dibuat Lehman Brothers

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 11 Juli 2018, 08:41 WIB
RR: Aneh Draf BLBI Kok Dibuat Lehman Brothers
Rizal Ramli/Net
rmol news logo Skandal Bantuan Likuditas Bank Indonesia (BLBI) masih menyisakan banyak pertanyaan yang perlu diungkap ke publik.

Salah satu pertanyaan itu adalah keanehan yang dirasakan ekonom senior Dr Rizal Ramli tentang keberadaan Master Settlement and Acquisition Agreement (MSAA).

Kala itu, semua yang mendapat BLBI harus menandatangani MSAA. Tapi keanehan muncul saat draf yang ditandatangani itu ternyata dibuat oleh Lehman Brothers, sebuah perusahaan investasi bank yang memiliki banyak skandal, sehingga ditutup di Amerika Serikat pada tahun 2008.

“Ini kan aneh, Pemerintah Indonesia dengan obligor orang Indonesia kok perjanjian dalam bahasa Inggris? karena yang bikin Lehman Brothers bukan BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional),” ujarnya dalam Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (10/7) malam.

Keanehan, sambungnya, kembali muncul saat Lehman Brother membuat Release dan Discharge (R&D). Sebab dalam penandatangan ini, pemilik telah meneken R&D sementara barang yang dimiliki belum diserahkan.

“Lehman Brother ngawur berat, barang belum diserahkan sudah dikasih R&D,” tukas Menteri Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid yang akrab disapa RR itu. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA