Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Lindungi Buruh Migran, Mantan Ketua YLBHI Nyaleg Di Hanura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 18 Juli 2018, 20:54 WIB
rmol news logo Perjuangan melindungi para pekerja migran terus dilakukan mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Arief Patramijaya.

Pria yang akrab disapa Patra M Zen itu kini memperjuangakan perlindungan buruh migran melalui jalur yang berbeda. Jika sebelumnya berjuang melalui advokasi di bawah bendera YLBHI, kini dia ingin menempuh lewat jalur legislatif. 

Patra telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dia akan maju di daerah pemilihan DKI II, yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

"Saya maju dari dapil ini karena saya ingin meneruskan apa yang sudah saya mulai sewaktu di LBH, yakni memperjuangkan buruh migran,” jelasnya.

Dia menguraikan bahwa berdasarkan data dari Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) tidak kurang 4.475 kasus kekerasan terhadap buruh migran sepanjang 2017. Laporan kematian buruh migran juga meningkat dengan kasus kematian tertinggi di Arab Saudi, Malaysia, dan Taiwan.

Atas alasan itu, jika nanti terpilih sebagai anggota legislatif, Patra akan mengawal penuh pelaksanaan UU 18/2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

“DPR butuh wakil rakyat yang konsisten membela pekerja migran di luar negeri dan mampu membela kepentingan saudara saudara kita, para buruh migran,” tukasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA