Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sarung Jokowi Bangun Basis Dukungan Di Pesantren

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 20 Agustus 2018, 05:14 WIB
Sarung Jokowi Bangun Basis Dukungan Di Pesantren
Gugus Joko Waskito/Net
rmol news logo Dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin terus berdatangan. Kali ini datang dari unsur relawan di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yakni Relawan Sahabat Romahurmuziy Pendukung Joko Widodo (Sarung Jokowi).

Komandan Dewan Koordinasi Nasional Saring Jokowi, Gugus Joko Waskito menjelaskan, pihaknya akan bergerak cepat membentuk struktur organisasi hingga tingkat pesantren.

Menurut Gugus,  jumlah relawan yang direkrut di masing-masing tingkatan (pusat, propinsi, kabupaten dan kota) sebanyak 99 orang. Total struktur 4.078 orang.

"Angka di atas belum termasuk 10 relawan di tiap pondok pesantren yang kita rekrut sebagai postren (Pos Pondok Pesantren). Estimasi struktur postren mencapai 100 ribu orang," kata Gugus usai deklarasi di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Minggu (19/8).

Para relawan, jelas Gugus akan  menjadi agen atau pasukan organik dalam menggalang pemilih santri, pemilih milenial dan pemilih pemula tradisional. Sesuai namanya, pada tahap awal, Sarung Jokowi akan menggalang donasi sarung yang mereka sebut dengan  'Solidaritas Sarung Untuk Jokowi dan Sang Kiai'.

"Target kita bisa mengumpulkan 10 juta sarung sampai bulan Maret 2019. Sarung ini kita buat motif khusus, berupa sarung batik, kita beri nama Sarung Jokowi. Sarung Jokowi ini akan kita bagi ke tiap pesantren di seluruh pelosok nusantara," jelas Gugus.

Relawan Sarung Jokowi juga akan membuat booth di pusat perbelanjaan di kota-kota besar Indonesia untuk menjual Sarung Jokowi.

Selain mensosialisakan jenis Sarung Jokowi, Gugus menyebut saat ini sedang mempersiapkan peringatan Hari Santri yang akan dilaksanakan pada 22 Oktober mendatang.

"Hari Santri adalah penghargaan Jokowi kepada kaum sarungan. Jokowi lah yang menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri. Momentum Hari Santri akan kita peringati serentak se Indonesia," tambah Gugus.

Gugus yakin Relawan Sarung Jokowi menjadi mesin elektoral yang efektif buat pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan juga berdampak elektoral kepada PPP yang dipimpin Romahurmuziy. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA