Ini Alasan Kedua Kubu Pilih Mantan Panglima TNI Jadi Ketua Timses

Ilustrasi/Net

Hingar bingar penentuan ketua tim pemenangan pasangan capres-cawapres mewarnai konstelasi politik jelang Pilpres 2019.

Kedua kubu mulai melirik mantan Panglima TNI sebagai komandan tim sukses.

Di kubu Jokowi, santer nama Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Sementara di kubu Prabowo Subianto dari awal sudah dihembuskan nama Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

Tak ketinggalan nama Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo juga tengah diperebutkan oleh kedua kubu.

Pengamat politik dari Volpox Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai mantan panglima memiliki pengalaman memimpin prajurit. Hal ini jugalah yang menjadi faktor kunci dalam memenangkan medan Pilpres 2019.

"Bagaimana pun harus kita akui, ketua tim pemenangan yakni jenderal lapangan, menjadi faktor kunci yang tidak boleh diabaikan untuk memenangkan Pilpres 2019," kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/8).

Dia meyakini kedua kubu akan menempatkan komandan tim pemenang dari jenderal bintang empat yang diakui banyak kalangan sebagai pakar strategi.

Menurutnya kedua kubu menyadari betul bahwa sosok ketua tim pemenangan yang mumpuni adalah faktor penentu kemenangan dalam pertempuran Pilpres 2019.

"Baik kubu petahana maupun sang penantang akan sangat hati-hati memutuskan siapa menjadi ketua tim pemenangan untuk kontestasi elektoral pilpres 2019," pungkas Pangi. [nes]

EDITOR:

Kolom Komentar