Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amien Rais: Indonesia Masuk Incaran Perluasan Ruang Hidup Dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 09 September 2018, 21:53 WIB
Amien Rais: Indonesia Masuk Incaran Perluasan Ruang Hidup Dari China
Amien Rais/RMOL
rmol news logo Indonesia masuk dalam incaran perluasan ruang hidup (lebensraum) dari China yang sudah padat dengan penduduknya mencapai satu miliar lebih.

"Di China sudah pengan dengan penduduknya. Makannya itu mereka mencari lebansraum baru atau ruang kehidupan yang baru. Indonesia ini membuat air liur mereka menetes untuk dikuasai," ujar Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais di rumah Noegroho Djajoesman, Jakarta, Minggu (9/9)

Mantan Ketua MPR tersebut mengungkapkan, gejala tersebut terlihat saat adanya konsep One Belt One Road (OBOR) untuk menguasai jalur perdagangan dunia baik darat maupun laut.

Konsep itu melintasi puluhan negara yang dibangun infrastrukturnya dalam bentuk pinjaman. Ketika tidak membayar maka dengan mudah negara tersebut dapat dicaplok.

"Jalan laut yang mereka bangun a membentang dari Beijing melewati Selat Malaka, Selat Sunda juga sebagai penyangganya hingga ke Samudra Hindia," bebernya.

Indikasi lain, lanjut Amien ialah adanya proyek reklamasi Teluk Jakarta dan masuknya 10 juta tenaga kerja asing asal China.

"Tenaga kerja Aseng kalau dilihat dari potongannya itu bukan bekerja tapi itu jenis dari manusia lain. Teluk Jakarta direklamasi dan kita tahu tol laut itu dijadikan fasilitator laut untuk China," pungkasnya. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA