Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 Tuntutan BEM SI Terhadap Rezim Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 14 September 2018, 20:45 WIB
7 Tuntutan BEM SI Terhadap Rezim Jokowi
Unjuk Rasa BEM SI/RMOL
rmol news logo Aksi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh indonesia (BEM-SI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (14/9). BEM SI mengajukan tujuh tuntutan kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Mereka menginginkan pemerintah dalah hal ini Kementerian Keuangan serius dalam membenahi pelemahan rupiah yang saat ini sedang terjadi.

Adapun ketujuh tuntutan tersebut, pertama, mendesak pemerintah agar tetap menjaga stabilitas harga bahan pokok di tengah melemahnya nilai tukar rupiah tanpa harus mengintimidasi produk produk lokal untuk bersaing di dalam pasar nasional.

Kedua, menekan pemerintah untuk mempermudah akses peminjaman usaha dengan menjaga suku bunga kredit yang rendah.

Ketiga, mendorong pemerintah untuk memperluas ekspor dengan mencari pasar alternatif ekspor dan mengurangi impor.

Keempat, menghimbau masyarakat agar meningkatkan penggunaan produk lokal dan mengurangi konsumsi produk asing.

Kelima, mengajak masyarakat untuk tidak menukarkan rupiah ke dolar dan memperbanyak transaksi dengan rupiah agar nilai rupiah menguat dan menukarkan dollar-nya, agar devisa dollar terus terjaga di dalam negeri akan kondisi rupiah kembali membaik.

Keenam, menekankan pemerintah supaya mempermudah sistem bongkar muat di pelabuhan yang akan berdampak mudah nya system ekspor dalam negeri ke luar negeri. Terakhir mendesak pemerintah untuk mengakomodir produk lokal agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Koordinator Wilayah BEM se-abodetabek dan Banten Moh. Wildan Habibi, mengatakan jika akan terus mengawal bersama masyarakat agar pemerintah benar-benar memperbaiki dengan cepat masalah perekonomian di Indonesia. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA