Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MPR Desak Kemenlu Tuntaskan Iklan PRT Indonesia Di Situs Carousell

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 18 September 2018, 15:26 WIB
MPR Desak Kemenlu Tuntaskan Iklan PRT Indonesia Di Situs <i>Carousell</i>
Hidayat Nur Wahid/Net
rmol news logo Pimpinan MPR mengutuk keras iklan penyediaan pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di laman situs e-niaga di Singapura, Carousell.

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid menilai bahwa iklan tersebut merupakan bagian dari praktik perdagangan manusia. Menurutnya, praktik ini masuk dalam kejahatan hak asasi manusia yang berat.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu mendesak kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk segera mengusut kasus tersebut. Kemenlu memiliki domain menuntaskan kasus itu karena situs Carousell berbasis di luar negeri.

"Kalau itu ada orang Indonesia segera berikan hukum yang sekeras-kerasnya dan agar Kemenlu menegaskan pada perwakilan kita di luar negeri untuk betul-betul memantau fenomena semacam ini," ujarnya di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/9).

Kementerian Tenaga Kerja Singapura (MOM) telah bergerak cepat merespons praktik penjualan asisten rumah tangga (ART) asal Indonesia secara dari tersebut. Mereka tengah mengusahakan agar daftar iklan itu segera dihapus oleh Carousell.

"Kami sedang menyelidiki kasus ini dan telah mengusahakan agar daftar tersebut dihapus," demikian pernyataan MOM melalui akun Facebook, akhir pekan lalu. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA