Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perombakan Di BUMN Tidak Perlu Dikhawatirkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 19 September 2018, 08:42 WIB
Perombakan Di BUMN Tidak Perlu Dikhawatirkan
Rhenald Kasali/Net
rmol news logo Perombakan struktur pengurus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, perombakan itu bertujuan untuk memenuhi tuntutan kemampuan manajemen dan memberikan kesempatan kepada figur yang terbukti punya kapasitas dalam mengelola perusahaan pelat merah maupun swasta.

Begitu kata Gurubesar Manajemen Bisnis Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menanggapi perombakan jajaran komisaris dan direksi di PT Garuda Indonesia, PT Pertamina, PGN, Jasa marga dan yang lain.

"Sebenarnya pergantian di tubuh BUMN amat terkait dengan efektivitas kepemimpinannya. Prinsip the person on the right place dan zamannya," ujar Rhenald dalam  keterangan tertulis, Selasa (18/9).

Menurutnya, perombakan struktur BUMN ditujukan agar bisa menyesuaikan dengan kemampuan direksi dalam memenuhi aspirasi pemegang saham, yaitu pemerintah Indonesia dan komisaris.

"Membongkar model bisnis, membangun pendekatan baru atau membuat ambidexterous system. Kalau mau selamat harus memperbaiki business model dan itu fundamental," ucap Rhenald.

BUMN bukan hanya dituntut melaksanakan kepentingan misi koorporasinya secara murni, namun ada yang lebih prioritas, yaitu merealisasikan tujuan serta misi negara.

"Saya kira pemerintah semakin pandai menatanya. Tidak ada agenda politis. Pemerintah akan memilih orang-orang yang dipercaya dan elemennya selain sudah dikenal, karier kinerjanya bagus. Jadi tidak usah khawatir," kata Rhenald. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA