Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Viva Yoga: Kemendag Selalu Berseberangan Dengan Bulog

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 20 September 2018, 11:31 WIB
Viva Yoga: Kemendag Selalu Berseberangan Dengan Bulog
Viva Yoga Mauladi/RMOL
rmol news logo . Perdebatan Kementerian Perdagangan yang dipimpin Enggartiasto Lukita dengan Bulog yang sekarang dipimpin Budi Waseso soal impor beras bukanlah hal baru.

"Polemik importasi beras di internal pemerintahan antara Kemendag dan Bulog adalah bukan yang pertama kalinya," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/9).

Viva menyebutkan bahwa sudah kerap pemerintah dihadapkan pada perbedaan pendapat diantara Kemendag dan Bulog. Dalam perdebatan itu, Kemendag selalu berseberangan dengan pandangan Bulog.

Terutama soal beras, kata Viva, dimana Bulog selalu menegaskan bahwa stok beras aman, tetapi Kemendag justru selalu membuka pintu impor.

"Sampai saat ini, pemerintah juga belum dapat mengendalikan kebijakan pangan. Akibatnya terjadi konflik antar kementerian, amburadulnya data produksi dan konsumsi pangan, dan harga pangan di pasar seringkali fluktuatif," jelasnya.

Menurutnya, jika perdebatan soal impor beras tidak segera diselesaikan oleh pemerintah, dikhawatirkan akan ada resiko moral dimana masyarakat tidak percaya terhadap pemerintah.

"Konflik kebijakan antar kementerian dan menimbulkan kecurigaan negatif dari publik ada potensi moral hazzard atas importasi beras," tukas politisi PAN itu. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA