Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Indonesia-Finlandia Jalin Kerjasama Pengelolaan Sampah Untuk Atasi Kemiskinan

LAPORAN:
  • Kamis, 11 Oktober 2018, 02:06 WIB
Indonesia-Finlandia Jalin Kerjasama Pengelolaan Sampah Untuk Atasi Kemiskinan
Anne-Mari Virolainen berjabat tangan dengan Agus Gumiwang Kartasasmita/RMOL
Masalah sampah, ketersediaan listrik dan penanganan kemiskinan menjadi poin pembahasan Menteri Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Anne-Mari Virolainen dengan Kementerian Sosial.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan kedatangan Anne dan rombongan untuk membicarakan kerja sama kedua negara dalam mengolah sampah menjadi energi listrik yang hasilnya untuk mengangkat nasib anak-anak miskin di kawasan pusat pengelolaan sampah di Jakarta.

Menurut Agus kerja sama tersebut merupakan upaya untuk mengatasi tiga masalah yang dialami Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, yaitu masalah sampah, ketersediaan listrik dan penanganan kemiskinan.

"Dengan pengolahan sampah menjadi listrik, maka masalah sampah bisa kita atasi sekaligus kita bisa meningkatkan ketersediaan energi listrik. Kemudian dengan lokasi di kawasan kumuh, bisa kembangkan pemenuhan hak anak-anak miskin melalui program CSR," kata Agus usai berdialog dengan Anna di ruang kerjanya, Jakarta, Rabu (10/10).

Agus yakin kemungkinan proyek ini dapat berkembang di kota-kota lain di Indonesia, misalnya di  Bandung.

Untuk diketahui, Anne hadir bersama 10 orang delegasi lain seperti Wakil Presiden Fortum Pasi Mikkonen, serta perwakilan Kementerian Luar Negeri Finlandia Tapani Kivelä, Jukka-Pekka Kaihilahti, dan Anssi Kullberg. 

Dalam pertemuan tersebut Agus didampingi Dirjen Pemberdayaan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Nahar, Kepala Biro Perencanaan Adhy Karyono, dan Direktur Pemberdayaan Sosial, Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Bambang Mulyadi. [nes]


EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA