Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPP: Hoax Juga Banyak Terjadi Di Dunia Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 11 Oktober 2018, 02:57 WIB
PPP: Hoax Juga Banyak Terjadi Di Dunia Kesehatan
Ilustrasi obat palsu/Net
rmol news logo Informasi bohong alias hoax tak hanya marak terjadi di politik tapi juga bidang lainnya, seperti bidang kesehatan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena menjelaskan, hoax di dunia kesehatan biasanya terjadi pada obat yang sebenarnya belum mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tidak hanya obat-obatan ilegal, masyarakat, kata dia, sempat terpedaya iklan susu kental manis yang sebenarnya sangat minim kandungan susunya.

"Iklan obat illegal seperti untuk kecantikan, kebugaraan, hingga keperkasaan banyak beredar di masyarakat. Padahal belum mendapatkan izin apalagi teruji," ungkap
Ermalena di gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10).

menurut Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu untuk menghadapi hoax di bidang kesehatan, perlu dibuatkan peraturan yang menjadi landasan aparat hukum untuk bertindak.

Diakuinya bahwa saat ini Undang-Undang Perlindungan Konsumen memang bisa menjerat para pelaku yang sudah mengelabui konsumen obat-obatan, makanan ataupun minuman. Namun menurut dia, untuk lebih mempermudah aparat, sebaiknya aturan tentang itu juga dimasukan dalam RUU BPOM.

Dengan begitu, ditekankannya masyarakat akan diedukasi dan diadvokasi terkait penggunaan obat dan makanan sehat.

"Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat tentang gerakan masyarakat sehat. Disamping itu juga bisa digunakan untuk menangkal hoax terkait isu-isu kesehatan," pungkasnya. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA