Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dialog Antar Umat Beragama Bisa Tangkal Isu SARA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 13 Oktober 2018, 14:19 WIB
Dialog Antar Umat Beragama Bisa Tangkal Isu SARA
Yenny Wahid/Net
rmol news logo Peredaran informasi bohong alias hoax dan konten SARA di tahun politik bisa membuat masyarakat menjadi mudah terprovokasi. Bahkan  tidak jarang berakhir pada konflik horizontal yang merusak bangsa.

Maka dari itu, putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid berharap isu hoax dan SARA tidak digunakan selama masa kampanye. Salah satu caranya, dengan mengikuti dialog-dialog antar umat beragama, sehingga ada bekal ilmu yang didapat.

"Nah adanya harmoni dan dialog antar umat beragama itu salah satu cara untuk memastikan bahwa ada resiliensi di tengah-tengah masyarakat kita. Sehingga jika ada berita-berita hoax itu bisa langsung ditangkal," ujarnya di Hotel Aryaduta Menteng, Sabtu (13/10).

Yenny juga mengingatkan tentang bahayanya sebuah bangsa yang masih mempergunakan isu hoax dan SARA dalam setiap pemilihan umum dari tahun ke tahun.

"Itu buat negara konflik, harus berkaca ke negara sana, jangan sampai kita kena. Apa kita mau rumah (negara) kita terbakar? Jangan pakai hoax. Isu agama mudah menyulut emosi dan memecah masyarakat. Sudah selayaknya kita nahan diri tidak gunakan isu itu," jelas Yenny.

Lebih lanjut ia berharap, isu agama dan penyebaran berita bohong atau hoax agar dijauhkan dan tak digunakan selama kampanye pilpres 2019 karena dapat membuat suasana bangsa tidak kondusif. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA