Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes UE Ajak Indonesia Perangi Hate Speech Tanpa Langgar HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 17 Oktober 2018, 12:16 WIB
Dubes UE Ajak Indonesia Perangi <i>Hate Speech</i> Tanpa Langgar HAM
Foto: RMOL
rmol news logo Ujaran kebencian (hate speech) dan disinformasi tak hanya melanda Indonesia, melainkan di hampir seluruh negara di dunia ini. Makanya perlu kerja sama antar semua negara di dunia untuk mengatasi permasalahan tersebut, termasuk Indonesia.

Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Vincent Guerend mengatakan, ujaran kebencian dan disinformasi kian marak karena penggunaan media sosial yang kian masif. Tak hanya itu, keduanya menurut dia juga timbul karena keinginan seseorang untuk menjadi orang paling pertama dalam menyebarkan informasi.

"Secara umum tren ini disebabkan karena maraknya sosial media dan keinginan untuk menyampaikan informasi lewat internet," katanya dalam seminar bersama dengan tema "Addressing Hate Speech and Disiformation with a Rights-Based Approach" di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Rabu (17/10).

Vincent menekankan, ujaran kebencian dan disinformasi merupakan salah satu tantangan bagi dunia. Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasilah yang harusnya menjadi perhatian utama.

"Kita harus memberantas ujaran kebencian dan disinformasi tanpa membatasi kebebasan menyatakan pendapat yang merupakan hak asasi dalam HAM," pungkasnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA