Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Renungkan Masalah Bangsa, Sultan HB X Serukan Demokrasi Ala Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 19 Oktober 2018, 23:58 WIB
Renungkan Masalah Bangsa, Sultan HB X Serukan Demokrasi Ala Indonesia
Sri Sultan Hamengkubuwono X/Net
rmol news logo Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengingatkan partai politik untuk merenungi proses berjalannya demokrasi di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurutnya demokrasi yang sedang berjalan saat ini, kerap melupakan tujuan bangsa yakni kesejahteraan. Hal inilah yang patut direnungkan agar demokrasi ala Indonesia bisa benar-benar dijalankan.

"Jadi saya ingin meminta kepada partai apakah 73 tahun kita merdeka ini sudah sesuai dengan harapan founding fathers? cobalah MPR merenung demokrasi itu bukan hanya 1 jalur, demokrasi itu alat bukan tujuan," ujar Sri Sultan di Eastpark Hotel, Yogyakarta, Jumat (19/10).

Sri Sultan menilai Indonesia bisa membangun demokrasi yang sesuai dengan karakter bangsa. Ia mencontohkan Tiongkok. Negara Tirai Bambu itu dulu menganut paham komunis, seiring berjalannya waktu, Tiongkok bisa beradaptasi dengan perkembangan dunia internasional. Sekarang Tiongkok menjadi salah satu negara yang merajai perdagangan internasional.

"Tiongkok, Korea Utara punya demokrasi sendiri. Kenapa kita tidak bilang demokrasi ala Indonesia dan kenapa kita harus ikut seperti demokrasi barat," ujarnya.

Hadir dalam pertemuan acara tersebut pimpinan MPR yakni Mahyudin, Ahmad Muzani, dan beberapa pimpinan fraksi MPR. Mereka mengapresiasi nasihat Sultan sebagai masukan yang bagus untuk membangun bangsa.

"Kita harus bisa bicara demokrasi ala Indonesia, bukan demokrasi ala barat yang dasarnya kontinental mengatakan mayoritas minoritas dan kalah menang," tegas Sri Sultan. [nes] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA