Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Akan Lebih Sering Dengungkan Asal Muasal Marhaen Di Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 06 November 2018, 19:15 WIB
PDIP Akan Lebih Sering Dengungkan Asal Muasal Marhaen Di Jabar
Bambang DH/Net
rmol news logo Sejak dulu, PDIP tidak pernah menang di provinsi Jawa Barat. Bahkan suara Joko Widodo (Jokowi) yang diusung oleh PDIP dalam Pilpres 2014 juga menuai kekalahan di daerah tersebut.

Namun demikian, Ketua DPP PDIP Bambang DH mengaku optimis partai dan capresnya akan memperoleh kemenangan di Jabar saat Pemilu 2019.

Salah satunya, dengan mendengungkan kembali asal muasal Marhaen yang sering dijadikan simbol perjuangan rakyat bawah oleh Soekarno.

“Seharusnya kita lebih sering mendengungkan asal Pak Marhaen, karena Pak Marhaen ini orang Jawa Barat,” ucap Bambang di Bakoel Koffe, Cikini, Jakarta, Selasa (6/11).

Marhaen merupakan nama seorang petani di daerah Bandung Selatan, yang oleh Bung Karno dijadikan acuan perjuangan melalui paham Marhaenisme.

Paham ini lebih berorientasikan kepada perpaduan antara nasionalisme dan sosialisme ala Indonesia yang diturunkan pada konsep politik berdikari.

Bambang menjelaskan bahwa pihaknya sudah sering mendengungkan marhaenisme di daerah Jawa Barat, namun belum masif.

“Jadi gaungnya masih belum besar. Kita tahu sendiri di daerah Jawa Barat bagian tengah, selatan, dan timur itu politik primordialnya masih kencang,” beber dia.

Kini, mantan walikota Surabaya mengaku optimis dalam menatap Pemilu di Jawa Barat.

“Pokoknya kita sudah merumuskan strategi yang matang di Jawa Barat, salah satunya itu tadi dengan menggaungkan Pak Marhaen sebagai orang Jawa Barat,” pungaksnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA