Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merak-Surabaya Akan Terhubung, Jokowi Pasang Target Menyelesaikan Tol Di Daerah Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 09 November 2018, 17:22 WIB
Merak-Surabaya Akan Terhubung, Jokowi Pasang Target Menyelesaikan Tol Di Daerah Lain
Joko Widodo meresmikan Tol Pejagan-Pemalang/RMOLJateng
rmol news logo Setelah menghubungkan Merak-Surabaya, pemerintah akan berkonsentrasi menyelesaikan pembangunan jalan tol di Sumatera,  Kalimantan, dan daerah lain.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Presiden Joko Widodo menjelaskan konektivitas antar wilayah yang semakin baik bakal memberikan dampak positif. Yakni munculnya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di seluruh Tanah Air.

Hal tersebut, sambung Jokowi akan mendorong pemerataan pembangunan dan terciptanya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

"Konektivitas antar wilayah yang dibangun juga membuat distribusi barang dan jasa semakin lancar," kata Jokowi saat meresmikan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV Brebes Timur-Sewaka dan jalan Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang, Jumat (9/11).

Jokowi menambahkan saat ini konektivitas antar pulau, konektivitas antar provinsi, konektivitas antar kabupaten/kota, baik berupa pelabuhan, jalan, bandara, sudah semakin terintegrasi.

Dengan semakin terhubungnya konektivitas tersebut, Jokowi  berharap keadilan sosial, pemerataan akan semakin nyata di seluruh pulau. Distribusi barang dan jasa juga semakin lancar.

"Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau, mulai terhubung," ujar Jokowi.

Sebelumnya Jokowi meresmikan jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV Brebes Timur-Sewaka dan jalan Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang, Jumat (9/11).

Peresmian kedua ruas tol tersebut merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk menggenjot konektivitas antar wilayah di Indonesia. Adapun jalan tol yang diresmikan ini sepanjang 37,5 kilometer.

"Dalam empat tahun terakhir ini, satu demi satu konektivitas di negara kita Indonesia ini semakin terwujud. Konektivitas antar pulau, antar provinsi antar kabupaten/kota baik berupa pelabuhan, jalan, bandara sudah semakin terintegrasi," kata Jokowi saat peresmian seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (9/11).

Jokowi menjelaskan, ruas Tol Merak-Surabaya sepanjang 870 km ditargetkan tuntas pada 2018. Dari total panjang ruas tol tersebut, beberapa ruas tol kini tengah dikebut progressnya agar dapat beroperasi pada November dan Desember tahun ini.

Menurut Jokowi, untuk Tol Batang-Semarang akan selesai Desember, Salatiga-Kartasura juga selesai Desember. Kemudian, sambung Jokowi, Tol Sragen-Ngawi selesai pada akhir November dan Tol Nganjuk-Wilangan akan selesai Desember.

"Akhirnya, akan tersambung Merak-Surabaya di bulan Desember dan kita harapkan sampai di Probolinggo di akhir tahun ini juga sudah tersambung. Tinggal kita menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai pada tahun 2019 yang akan datang," ungkap Jokowi.

Dalam peresmian ini Jokowi didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN RI Rini Soemarno, Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen dan sejumlah pejabat.  [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA