Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jepang Pemimpin Salah Undur Diri, Indonesia...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 11 November 2018, 10:27 WIB
Di Jepang Pemimpin Salah Undur Diri, Indonesia...
Eggi Sudjana/RMOL
rmol news logo . Sejumlah pihak menilai kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2014 telah membuat bangsa Indonesia semakin terpuruk. Hal itu yang semestinya membuat pemimpin tahu diri dengan kondisi seperti ini.

Aktivis senior Eggi Sudjana menganalogikan hal tersebut dalam Islam, adalah seorang imam salat merupakan sosok yang berilmu dan tahu diri jika melakukan kesalahan, dia langsung mundur.

“Imam saja kalau dia buang angin ini tahu diri, dia langsung mundur. Ini imam sudah 'mencret-mencret' tapi juga belum mundur,” ungkap Eggi dalam sebuah diskusi publik bertajuk ‘Polemik Merah Putih Logo PKB’ di D-Hotel, Jakarta, Minggu (11/11).

Dia kembali memberikan analogi, hal itu bisa terjadi karena kondisi makmumnya yang juga tidak mengerti dan sadar akan kondisi ini. Makmum atau rakyat sudah seharusnya menuntut kepada pimpinan untuk mundur.

“Ini kan juga karena makmumnya juga enggak sadar-sadar. Akhirnya saran saya ya 2019 ganti presiden secara konstitusional,” tegasnya.

Caleg PAN ini pun juga melakukan komparasi dengan pemimpin di negara lain. Dia mencontohkan di Jepang, seorang Perdana Menteri karena malu telah melakukan kesalahan, dia mengundurkan diri.

“Di Jepang pemimpinnya kalau salah ya mundur bahkan sampai harakiri. Budaya seperti sangat bagus dan Islam juga diajarkan demikian,” demikian Eggi. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA