Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sosiolog: Masyarakat Kita Mengikuti Siapa Yang Memimpin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 13 November 2018, 08:59 WIB
rmol news logo Cita-cita membangun tatanan masyarakat Pancasilais yang diemban sejak Republik ini berdiri berpulang kepada faktor seorang pemimpin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Kalau pemimpinnya mengamalkan Pancasila dengan baik, maka saya pikir masyarakat kita mudah diatur,” kata Sosiolog, Musni Umar kepada Kantor Berita Politik RMOL, pagi ini (Selasa, 13/11).

Musni juga menegaskan ketika sebaliknya, pemimpin yang jauh dari nilai-nilai Pancasila maka tatanan masyarakat juga akan terbangun demikian.

“Saya cenderung tidak menyalahkan masyarakat, tapi pemimpin yang dari waktu ke waktu belum berhasil membawa masyarakat kepada tujuan kita merdeka. Saya pikir inilah tantangan terberat bagi memerintah termasuk Pak Jokowi,” tambah Musni.

Untuk mewuwujdkan masyarakat Pancasilais, sambung Musni, suri tauladan seorang pemimpin harus mengamalkan Pancasila dengan baik.

"Masyarakat kita kan paternalistik. Masyarakat kita mengikuti siapa yang memimpin. Sehingga masyarakat akan menjadikan pemimpin sebagai panutannya dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegaranya," demikian Musni. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA