Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berikut Cara Pembenahan BPJS Kesehatan Versi Rizal Ramli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 14 November 2018, 14:26 WIB
Berikut Cara Pembenahan BPJS Kesehatan <i>Versi</i> Rizal Ramli
Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo . Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang terus mengalami defisit sejak beroperasi pada tahun 2014 perlu solusi matang untuk mengatasinya.

Ekonom senior Dr. Rizal Ramli memiliki beberapa solusi untuk menolong BPJS Kesehatan tersebut karena dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Cara pembenahannya, pertama, kami minta pemerintah untuk suntikan dana sebesar Rp 20 triliun sebagai revolving fund. Ya pokoknya ada lah hitungannya itu," ujar RR biasa disapa di kediamannya di daerah Tebet, Jakarta, Rabu (14/11).

Sementara saat ini suntikan dana dari pemerintah hanya sebesar Rp 4,9 triliun. Bagi RR dana tersebut tentu tidak mencukupi untuk menolong BPJS Kesehatan saat ini.

Kedua, lanjut mantan Menko Maritim tersebut ialah soal iuran yang diserap dari pekerja dan perusahaan.

"Untuk iuran, pekerjanya harus dinaikan 2 persen tapi yang di bawah UMR harus nol persen. Yang di sekitar UMR paling 1 persen. Yang pendapatannya lebih dari 5 juta dikenakan 2 persen," bebernya.

Begitu juga dengan sumbangan perusahaan atau korporasi untuk pekerjanya menjadi 6 persen. Hal itu sebagaimana di negara-negara lain yang tingkat kesejahteraan rakyatnya lebih baik seperti di Singapura dan Malaysia.

"Nah nanti kalau ekonomi Indonesia sudah booming, ekonomi Indonesia bisa tumbuh 7-8 persen, kita justru akan  naikan sumbangan dari perusahaan swasta itu menjadi 8 persen," pungkas RR. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA