Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Jateng: Pemasangan Poster Jokowi Raja Jawa Instruksi Pusat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 14 November 2018, 19:29 WIB
PDIP Jateng: Pemasangan Poster Jokowi Raja Jawa Instruksi Pusat
Poster Jokowi yang tersebar di wilayah Jawa Tengah/Net
rmol news logo DPD PDIP Jawa Tengah telah menemukan pihak yang diduga sebagai koordinator pemasangan poster Joko Widodo ala raja Jawa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto menjelaskan pihaknya sudah bertemu dengan koordinator pemasang poster, setelah melakukan penelusuran.

Menurut Bambang dari hasil penelusuran pemasangan poster Jokowi berbusana raja Jawa itu merupakan instruksi dari pusat. Namun si pemasang poster tidak menyebutkan identitas aktor utama dibalik poster tersebut.
"Ditanya ambil dari mana? Dikasih tahu dan ketemu orangnya. Saat ke sana, disitu juga ada 800-an yang belum dipasang. Kita foto orangnya. Kita data semuanya," jelas Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/11).

Bambang menjelaskan dari pengakuan si pemasang, ia mendapat bayaran sebesar Rp10 ribu per sekali pemasangan poster yang sudah disediakan.

"Dibayar Rp 10 ribu per poster. Itu diluar APK. Setiap desa pasang 10. Kalau di Jateng ada 8 ribu desa, berarti 80 ribu," jelas Bambang.

Lebih lanjut dari penelusuran diketahui para pemasang poster mendapat komando dari Hotel Siliwangi, Semarang. Para pemasang mengaku mereka rakyat biasa yang secara pribadi memilih Jokowi. Namun butuh uang untuk hidup.

Selain tempat komando pemasangan poster, Bambang juga mendapat informasi bahwa sejumlah stiker juga dipasang di ratusan angkutan kota (angkot). Ada pemilik angkot yang mengaku dibayar Rp 100 ribu. Ada juga angkot di wilayah Pati dan Blora dibayar hingga sebesar Rp 150 ribu.

Pihaknya kemudian membersihkan angkot-angkot itu. Supir angkot dikumpulkan dan diajak berdialog. Sementara APK yang dipasang di ruang publik pun sudah dibersihkan dan dikumpulkan di kantor partai.

"Kami tunggu si penanggung jawabnya datang ke DPD PDIP Jateng. Kalau dia datang, akan kami ajak diskusi kenapa dia pasang begini. Kami menunggu sikap ksatriannya. Dijamin tidak akan lecet," ujar Bambang. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA