Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ternyata Jokowi Hanya Santri Dari Santri Ponpes Sukorejo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Kamis, 15 November 2018, 07:51 WIB
Ternyata Jokowi Hanya Santri Dari Santri Ponpes Sukorejo
Jokowi (kanan)/RMOL
rmol news logo Label santri belakangan kerap digunakan masing-masing kubu calon presiden dan wakil presiden. Bahkan, Joko Widodo disebut santri dan pernah belajar agama di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah di Sukorejo, Situbondo. Namun ihwal itu diklarifikasi oleh Wakil Pengasuh Ponpes KH Afifuddin Muhadjir.

"Yang betul itu Jokowi santrinya santri Sukorejo," kata Kiai Afif seperti dilansir Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (14/11).

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyebut Jokowi pernah belajar agama di pondok pesantren di Situbondo, Jawa Timur. Ma'ruf juga mengatakan Jokowi pernah belajar agama di Ponpes didirikan KH As'ad Samsul Ali.

Menanggapi hal itu, Kiai Afif menjelaskan, Jokowi belajar mengaji dari santri dan alumni Ponpres Sukorejo.

"Jadi Jokowi itu ngaji atau nyantri kepada seorang alumni berasal dari Sukorejo. Kalau kata ‘santrinya’ dibuang maka jadi hoax. Dibuang satu kata saja sudah enggak karuan," sambungnya.

Kiai Afif lantas menceritakan proses ngaji-nya Jokowi kepada seorang ustaz bernama Mudzakir yang merupakan alumni dari Ponpes Sukerejo.

Menurutnya, Jokowi hanya menjadi salah satu jemaah dari pengajian yang rutin digelar oleh ustaz Mudzakir saat mendapatkan tugas di Solo. Sehingga bisa dipastikan Jokowi tidak pernah belajar di lingkungan Ponpes.

"Itu murid saya, namanya ustaz Mudzakir itu, asalnya Mantingan, kemudian bertugas di Solo. Setelah ada di Solo itulah dia membuka pengajian. Salah satu yang ngaji itu ya Pak Jokowi," demikian Kiai Afif. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA