Charles Honoris Akui Banyak Warga Tiongkok Salah Gunakan Visa Pariwisata

Rabu, 21 November 2018, 13:33 WIB | Laporan: Adityo Nugroho

Charles Honoris/RMOL

. Langkah Pemprov Bali beberapa waktu lalu yang menertibkan beberapa pengusaha asal Tiongkok karena melanggar peraturan usaha mendapat apresiasi dari banyak kalangan.

Salah satu poin pelanggaran pengusaha Tiongkok tersebut adalah penggunaan tenaga kerja asal negaranya yang ternyata hanya menggunakan visa pariwisata.

Hal ini diakui oleh Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP, Charles Honoris bahwa banyak warga negara asing termasuk Tiongkok yang menyalahgunakan visa kegiatannya di Indonesia.

"Ini fakta bahwa warga negara asing yang termasuk Tiongkok ya yang menyalahgunakan visa untuk kegiatannya di Indonesia," ucap Charles di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (21/11).

Sambung kader partai berlambang banteng moncong putih itu, banyak warga negara Tiongkok yang visanya untuk berwisata ternyata juga melakukan usaha atau kegiatan-kegiatan lainnya yang menyalahi aturan terkait visa tersebut.

"Ini ranah dari pemerintah provinsi dan pusat untuk melakukan penertiban kepada pihak-pihak yang melanggar izin tinggalnya di Indonesia itu. Terutama untuk imigrasi dan kepolisian untuk melakukan penegakan hukum ini," bebernya. [rus]

Kolom Komentar


loading