Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendagri Target 77 Persen Pemilih Di Pemilu 2019, Inilah Tugas Pemda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 22 November 2018, 13:46 WIB
Kemendagri Target 77 Persen Pemilih Di Pemilu 2019, Inilah Tugas Pemda
Foto: RMOL
rmol news logo Kementerian Dalam Negeri menargetkan tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pemilu 2019 nanti lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun Pemilu sebelumnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo memaparkan, Pemilu 2004 tercatat 84 persen pemilih, lalu menurun di Pemilu 2009 menjadi 71 persen. Naik tipis di Pemilu 2014 sebesar 74 persen.

"Kepada jajaran pemerintah daerah diharapkan dapat melakukan langkah – langkah konkrit agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih sesuai target pada Pemilu 2019, yaitu sebesar 77,5 persen," tuturnya dalam acara Rakornas Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Hotel El Royale Jakarta Utara, Kamis (22/11).

Selain mengantisipasi banyak golput, kata Hadi, Pemda juga harus melaksanakan pemantauan, pelaporan dan evaluasi perkembangan politik di daerah masing-masing melalui sinkronisasi dan integrasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta forum - forum lainnya.

"Pemerintah dan pemerintah daerah bersama - sama dengan aparat keamanan terus tingkatkan sinergitas dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan untuk Pemilu 2019 yang sukses, aman, tertib dan lebih beretika," pungkasnya. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA