Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkominfo Sosialisasikan Pemilu Lewat Wayang Kulit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 Desember 2018, 04:38 WIB
Kemenkominfo Sosialisasikan Pemilu Lewat Wayang Kulit
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan sosialisasi Pemilu 2019 melalui pagelaran wayang kulit.

Wayang kulit didalangi Ki Warseno Slenk dengan lakon 'Wahyu Topeng Raja Bharata' digelar di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Sabtu malam (1/12).

"Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya tersosialisasinya tahapan Pemilu 2019 dan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 serta terciptanya situasi yang kondusif," jelas Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo Wiryanta dalam keterangannya, Senin (3/12).

Menurutnya, kegiatan itu juga untuk memberikan pemahaman tentang persiapan dan tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 kepada masyarakat dalam rangka menciptakan suasana aman dan damai.

Wiryanta mengatakan, kegiatan semacam itu akan membuat partisipasi aktif masyarakat dalam menyukseskan pemilu meningkat, namun diperlukan suatu upaya untuk lebih mendorong masyarakat memanfaatkan hak pilihnya serta menyukseskannya.

"Menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan kondusif serta tetap menjaga kerukunan meskipun memiliki pilihan calon yang berbeda," jelasnya.

Wiryanta menambahkan, pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satunya dengan adanya potensi kerawanan antara lain penyebaran informasi tidak benar atau hoax dan penggunaan politik identitas.

"Untuk politik identitas berpotensi terjadi sebelum dan sesudah pemungutan suara. Oleh karenanya, seluruh pihak harus menjaga agar tidak terjadi kerumitan dalam tahapan tersebut," imbuhnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA