Menlu Retno: Demokrasi Cara Terbaik Melayani Rakyat

Selasa, 04 Desember 2018, 23:17 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Menlu Retno bersama Menlu Sokhonn/RMOL

Demokrasi tetap menjadi pilihan terbaik untuk melayani rakyat. Oleh karenanya, segala isu mengenai demokrasi akan diangkat dalam Bali Democracy Forum (BDF) ke-11 pada 6-7 Desember mendatang.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Luar Negeri Retno LP Marsudi usai melakukan diskusi tertutup dengan Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn di Gedung Pancasila, Kemenlu, Jakarta, Selasa (4/11).

"Selama pertemuan tadi kami bertukar pikiran mengenai isu demokrasi Indonesia, mempersiapkan penyelenggaraan Bali Democracy Forum ke-11. Dan BDF tahun ini mengangkat tema Demokrasi dan Kesejahteraan," jelasnya saat jumpa pers.

Menlu Retno juga telah menyampaikan kepada Menlu Sokhonn bagaimana praktik demokrasi bisa sukses di Indonesia. Khususnya mengenai persiapan pemilu tahun depan.

"Saya menyampaikan kepada menlu Kamboja bagaimana demokrasi bisa sukses di Indonesia dan juga berbagai informasi persiapan pemilu di Indonesia. Indonesia yakin bahwa demokrasi tetap merupakan cara terbaik untuk melayani masyarakat," paparnya.

Menlu Sokhonn menambahkan, pihaknya mengambil sejumlah langkah yang berkaitkan dengan praktik demokrasi. Hal tersebut sebagai strategi guna mendorong situasi politik dan ruang demokrasi di negaranya.

"Untuk mendorong situasi politik yang lebih baik dan buka ruang demokrasi yang lebih besar bagi Kamboja. Dan mendorong partisipasi dengan masyarakat madani melalui non goverment organization (NGO) dan juga dengan serikat perdagangan," ujarnya.

"Jadi, kami melakukan sejumlah upaya sebisa kami untuk mendorong demokrasi yang lebih baik di Kamboja," jelas Menlu Sokhonn. [wah]
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Karya | Puisi Hari Ini

Rabu, 15 Januari 2020
Video

Awal Tahun, Tiga Pengedar Narkoba Berhasil Dibekuk

Rabu, 15 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Budaya | Puisi Hari Ini

Kamis, 16 Januari 2020